Minggu, 02 Juni 2013

Kunjungan menarik di barru

Pada hari sabtu, 1 juni 2013, saya bersama teman-teman saya jurusan perikanan, pergi ke barru untuk melakukan bakti sosial dan pengenalan lapangan perikanan. kami berangkat pada pukul 08:00 pagi dengan mengendarai bus, dimana kami mengguanakan 4 bus untuk mengangkut kami semua. Dalam perjalanan banyak hal-hal menarik yang saya temui seperti melihat pemandangan alam yang laur biasa indahnya dan paling menarik yaitu bernyanyi bersama kawan-kawan dalam bus. namun karena kami tidak sempat sarapan pagi maka ditengah-tengah perjalanan kami terasa lemas karena kelaparan, akhirnya ketika berada di pangkep kami berhenti di sebuah warung makan "sabar menunggu". kami kemudian mengumpulkan uang untuk membayar seporsi nasi ikan bakar ditambah sup-nya dengan harga Rp.15.000. jika dibandingkan dengan warsis/ warung makan kami biasanya dikampus sangatlah jelas perbedaannya mulai banyak nya nasi dan harga pastilah lebih baik warsis.
Setelah selesai makan kami kemudian kembali melanjutkan perjalanan ke barru hingga akhirnya kami tiba di barru desa lawallu, kecamatan soppeng riaja. Melihat keadaan disaan sungguh menabjubkan,karena penduduk disana memiliki mata pencahrian di laut dan juga didarat. Saya rasa penduduk disini kehidupannya bisa dikatakan bahagia. mengingat akan tujuan kunjungan kami disana, kami kemudian memulia kegiatan kami setelah beristirahat sekitar 1 jam.dalam kegiatan itu kami harus melakukan pengamatan mengenai perikanan. kami pun memulai dengan mewancarai seorang nelayan yang sedang berada di dermaga.kami kemudian mengujukan beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan materi penangkapan ikan. setelah itu kami kemudian ke tambak untuk mengetahui bagaimana kondisi tempat budidaya tersebut dan setelah itu kami ke daerah magrove yang berhubungan dengan manjemen sd perairan. setelah itu pengamatan terakhir kami mengenai sosial ekonomi masyarakat sekitar. Malam harinya saya merangkum hasil penelitian yang telah kami lakukan siang hingga sore tadi. keesokan harinya di pagi hari kami akan melakukan bakti sosial dengan penanaman mangrove. saya cukup kelelahan karena daerah tempat untuk menanam mangrove cukup jauh. Akan tetapi setelah sampai di tujuan, kekuatan saya kembali utuh dan kembali bersemangat dan saya kemudian mulai menanam mangrove. saya berharap agar mangrove yang saya tanam itu dapat tumbuh dengan baik dan menjaga keindahan alam di sana. Akhirnya setelah itu dan semua kegiatan ditutup dengan kegiatan penutupan kami kemudian kembali ke bus untuk menuju ke unhas tempat kami berangkat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar