KATA
PENGANTAR
Puji dan syukur kehadirat Allah
SWT atas Rahmat dan karunianya, sehingga kami dapat menyelesaikan tugas
pengantar ilmu ekonomi yang berjudul “ Pasar Oligopoli” Makalah ini disusun
agar mahasiswa- mahasiswi khusunya mahasiswa perikanan dapat mengetahui lebih
jelas tentang bagaimana sebenarnya bentuk pasar oligopoli.
kami menyadari bahwa kami masih
memiliki banyak kekurangan karena dari itu kami sangat mengharapkan kritik dan
saran dari teman- teman demi kesempurnaan makalah ini.
kami berharap semoga makalah ini
dapat menambah wawasan dan pengetahuan mahasiswa- mahasiswi khususnya
mahasiswa- mahasiswi perikanan tentang pasar oligopoli disetiap kegiatan, serta
kami mengucapkan terima kasih yang setulus-tulusnya kepada semua pihak yang
telah membantu kami atas terwujudnya pembuatan makalah ini.
Makassar,
07 April 2013
Hormat
kami
Penyusun
DAFTAR ISI
Kata Pengantar
Daftar Isi
Bab I Pendahuluan
A. Latar Belakang……………………..............................................................................………………………......I
B. Tujuan…………………………………….................................................................................……………………I
C. Rumusan
Masalah.........................................................................................................................I
Bab II Pembahasan
A. Pengertian pasar
oligopoli.................................................................................................................2
B. Karakteristik pasar
oligopoli..............................................................................................................3
C. Ciri-ciri Pasar Oligopoli dan
apa barang yang dihasilkan................................................................4
D. Dampak negatif dari pasar
oligopoli.............................................................................................4
E. Maksimasi keuntungan
oligopolis...............................................................................................5
F. Kelebihan dan kekurangan pasar
oligopoli....................................................................................5
G. Sifat- sifat pasar
oligopoly………….......................................................................………………………...6
Bab III Penutup
A. Kesimpulan...................................................................................................................................7
B. Saran dan kritik........................................................................................................................7
Daftar Pustaka
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Pasar merupakan suatu tempat
dimana bertemunya penjual dan pembeli guna melakukan transaksi secara langsung
maupun tak langsung. akan tetapi, pasar tidak selamanya selalu diartikan
sebagai pasar dimana tempat penjual yang selalu berdampingan. Karena pengertian
diatas hanyalah pengertian luas dari pasar pada umumnya. pasar kadangkalanya
diartikan hanya ada seorang atau sekelompok orang yang bersekutu untuk
menguasai pasar tersebut. Karena dari beberapa pengertian itulah pasar dapat
digolongkan dari beberapa jenisnya. untuk itulah kami akan membahas salah satu
bentuk pasar tersebut yaitu pasar oligopoli.
B. Tujuan
Dalam membuat sesuatu pasti kita
memiliki tujuan. adapun tujuan kami dalam membuat makalah ini yaitu disamping
menambah wawasan tentang pasar kami juga akan mengenalkan pada teman- teman
atau pembaca makalah bagaimana bentuk pasar oligopoli itu sebenarnya dan kenapa
pasar oligopoli itu ada.
C. Rumusan Masalah
Adapun rumusan masalah dalam
makalah ini yaitu:
a. Apa pengertian pasar oligopoli
?
b. Apa karakteristik pasar
oligopoli ?
c. Bagaimana Ciri-ciri Pasar
Oligopoli dan apa barang yang dihasilkan ?
d. Bagaimana Maksimasi keuntungan
oligopolis dalam menjalankan sistem kerjanya ?
e. Apa kelebihan dan kekurangan
pasar oligopoli ?
f. Apa sifat- sifat pasar
oligopoli ?
g. Apakah ada dampak negatif dari
pasar oligopoli ?
BAB II
PEMBAHASAN
A. Pengertian Pasar Oligopoli
Teori oligopoli memiliki sejarah
yang cukup panjang. Istilah oligopoly pertama kali digunakan oleh Sir Thomas
Moore dalam karyanya pada tahun1916, yaitu “Utopia” 11. Dalam karya tersebut
dikatakan bahwa harga tidakharus berada pada tingkat kompetisi ketika
perusahaan di pasar lebih dari satu.Sedangkan Teori Oligopoli pertama kali
diformalkan oleh Augustin Cournot pada tahun 1838 melalui karyanya “Researches
sur les priciples mathematiques de la theorie des richesses”. Lima puluh tahun
kemudian, teori tersebut dibantah oleh Bertrand . Meskipun menuai banyak
kritik, namun hingga kini teori Cournot tetap dianggap sebagai benchmark bagi
teori-teori oligopoli lainnya.
Pasar oligopoli adalah suatu
bentuk persaingan pasar yang didominasi oleh beberapa produsen atau penjual
dalam satu wilayah area. Pasar Oligopoli adalah suatu pasar dimana terdapat
beberapa produsen yang menghasilkan barang-barang yang saling bersaingan. Ini
merupakan sifat utama dari pasar oligopoli. Oligopoli, yaitu keadaan dimana
hanya ada beberapa (misal: antara 2 - 10) perusahaan yang menguasai pasar baik
secara independen (sendiri-sendiri) maupun secara diam-diam bekerjasama. Pasar
oligopoli adalah suatu bentuk persaingan pasar yang didominasi oleh beberapa
produsen atau penjual dalam satu wilayah area.
Perusahaan- perusahaan yang
beroperasi pada pasar oligopoly walaupun menghasilkan produk yang homogen,
masih dapat mempengaruhi harga yang berlaku dipasar dan perusahaan
memperhatikan berkonsentrasi pada keputusan harga dan jumlah barang yang
diproduksi atau dijual, namun juga mempertimbangkan aspek yang lain, yaitu
reaksi yang akan dilakukan oleh perusahaan pesaing terhadap setiap kebijakan
yang dilakukan oleh suatu perusahaan.
Contoh industri yang termasuk
oligopoli adalah industri semen di Indonesia, industri mobil di Amerika
Serikat, dan sebagainya.
Di pasar ini, keputusan harga
berada di segelintir pemain, walaupun berada di banyak pemain. Sebagai price
leaders, segelintir pemain ini bisa membuat skema sebagai berikut:
• Perusahaan oligopoli
berkonspirasi dan berkolaborasi untuk membuat harga monopoli dan mendapatkan
keuntungan dari harga monopoli ini
• Pemain oligopoli akan
berkompetisi dalam harga, sehingga harga dan keuntungan menjadi sama dengan
pasar kompetitif
• Harga dan keuntungan oligopoli
akan berada antara harga di pasar monopoli dan pasar kompetitif
• Harga dan keuntungan oligopoli
tak dapat ditentukan, indeterminate.
B. Karakteristik Pasar Oligopoli
1. Terdapat Beberapa Penjual (Few
Sellers)
Hanya terdapat beberapa penjual
yang ada di pasar. Hal ini
menunjukkan bahwa pangsa pasar
masing-masing perusahaan di pasar
cukup signifikan. Jumlah
perusahaan yang lebih sedikit dibanding pasar
persaingan sempurna ataupun
persaingan monopolistik disebabkan oleh
terdapatnya hambatan masuk ke
dalam pasar.
2. Saling Ketergantungan
(Interdependence)
Pada struktur pasar persaingan
sempurna maupun persaingan
monopolistis, keputusan
perusahaan atas harga dan kuantitas hanya
mempertimbangkan tingkat
permintaan di pasar dan biaya produksi yang
dikeluarkan. Sementara di pasar
oligopoli, keputusan strategis perusahaan
sangat ditentukan oleh perilaku
strategis perusahaan lain yang ada di
pasar.
Bentuk pasar oligopoli
dikarakterisasikan berdasarkan
a. Sejumlah besar
perusahaan-perusahaan dominan, dengan beberapa yang kecil lainnya,
b. Suatu produk yang
distandarisasikan maupun dibedakan,
c. Kekuatan dari
perusahaan-perusahaan dominan terhadap harga, namun ketakutan akan pembalasan,
d. Hambatan-hambatan secara
teknologi dan ekonomi untuk menjadi suatu perusahaan yang dominan,
e. penggunaan persaingan non
harga yang ekstensif akibat ketakutan akan perang harga.
Suatu bentuk pasar oligopoli
dikarakterisasikan berdasarkan kehadiran beberapa perusahaan yang dominan.
Disana mungkin terdapat sejumlah besar perusahaan-perusahaan kecil, tetapi
hanya perusahaan besar yang memiliki kekuatan untuk membalas. Ini berakibat
dalam suatu pemusatan industri tinggi dimana hanya 2 sampai 10 perusahaan
dengan pangsa pasar yang besar.
Contohnya:
Industri bensin merupakan
oligopoli di Amerika Serikat: dia didominasi oleh beberapa perusahaan raksasa
seperti Exxon, Mobil, Chevron dan
Texaco. Akan tetapi, harap
dicatat bahwa banyak perusahaan kecil yang berada dalam pasar tersebut:
pompa-pompa bensin independen kecil yang hanya berjualan dalam satu kota atau
hanya dalam suatu wilayah terbatas.
Penyebab-penyebab yang paling
dikenal untuk pemusatan yang tinggi dalam pasar-pasar bentuk oligopoli adalah
- skala ekonomis yang ada dalam
produksi barang-barang tertentu,
- siklus-siklus bisnis yang
menyingkirkan pesaing-pesaing lemah
- keuntungan dari perusahaan-perusahaan
yang bergabung, dan
- hambatan-hambatan lainnya
seperti perkembangan teknologi dan periklanan.
Laba dari perusahaan-perusahaan
dalam oligopoli ditentukan persis dalam cara yang sama dengan bentuk-bentuk
pasar lainnya: dari kuantitas optimum dimana pendapatan marjinal sama dengan
biaya marjinal, harga ditentukan dari kurva permintaan serta biaya unit
terhadap rata-rata kurva total biaya. Bagaimanapun juga, penentuan ini mungkin
dipengaruhi oleh kurva permintaan yang bengkok. Lebih lanjut lagi, dalam suatu
oligopoli yang kolusif, seluruh perusahaan bertindak seakan-akan mereka membuat
satu monopoli dan keluarannya dibagi diantara perusahaan-perusahaan.
C. Ciri-ciri Pasar Oligopoli dan
barang yang dihasilkan
CIRI-CIRI OLIGOPOLI
1. Terdapat beberapa penjual/produksen
yang menguasai pasar
2. Barang yang diperdagangkan
homogen
3. Terdapat hambatan masuk yang
cukup kuat bagi perusahaan di luar pasar untuk masuk dalam pasar
4. Satu diantara para oligopolies
merupakan price leader
D. Barang- barang dihasilkan
Adapun barang- barang yang
dihasilkan oleh pasar oligopoli antara lain :
a. Barang standar, banyak
dijumpai pada industri oligopoli yang menghasilkan bahan mentah (misal
aluminium) dan bahan baku (misal semen, bahan bangunan)
b. Barang berbeda corak
(differentiated product), pada umumnya dijumpai pada industri yang menghasilkan
barang akhir (rokok, shampo)
Dampak negatif oligopoli terhadap
perekonomian:
• Keuntungan yang yang terlalu
besar bagi produsen dalam jangka panjang
• Timbul inifisiensi produksi
• Eksploitasi terhadap konsumen
dan karyawan perusahaan
• Harga tinggi yang relatif
stabil (sulit turun) menunjang inflasi yang kronis
• Kebijakan pemerintah dalam
mengatasi oligopoli
• Pemerintah mempermudah masuknya
perusahaan baru untuk masuk kepasar untuk menciptakan persaingan
• Diberlakukannya undang-undang
anti kerja sama antar produsen.
E. Maksimasi Keuntungan
Oligopolis Dalam Menjalankan Sistem Kerjanya
Dalam menjalankan kerjanya pasar
oligopoli memperoleh maksimasi keuntungan. Perolehan maksimasi keuntungan
tersebut diperoleh dari :
a. Dicapai pada tingkat output
dan harga dimana dipenuhi kondisi MC = MR
b. Karena ada saat-saat MR
bergerak vertikal maka harga bersifat tetap (rigid) dan cenderung berada pada
harga yang ditetapkan pada permulaannya
F. Kelebihan dan kekurangan pasar
oligopoli
Adapun kelebihan dan kekurangan
dalam pasar oligopoli yaitu sebagai berikut :
KELEBIHAN PASAR OLIGOPOLI
1. Terdapat sedikit pemjual
karena memerlukan investasi besar
2. Penjual sedikit sehingga dapat
mengendalikan harga
3. Bila terjadi persaingan harga,
konsumen diuntungkan
KELEMAHAN PASAR OLIGOPOLI
1. Terdapat rintangan yang kuat
untuk masuk kepasar oligopoli kerena investasi tinggi
2. Akan terjadi perang harga
3. Produsen bisa kerjasama (
Kartel )
Kartel adalah suatu perjanjian
resmi diantara beberapa perusahaan dalam oligopoli. Perjanjian tersebut
menetapkan harga yang akan dibebankan seluruh perusahaan dan sering menetapkan
kuota atau pangsa pasar dari berbagai perusahaan. Kartel adalah ilegal di sebagian
besar negara-negara dunia. OPEC adalah contoh utama dari kartel. Dia timbul
karena dia berada diluar pengendalian suatu negara individual.
G. Sifat- sifat pasar oligopoli
Adapun Sifat-sifat pasar
oligopoli :
- Harga produk yang dijual
relatif sama
- Pembedaan produk yang unggul
merupakan kunci sukses
- Sulit masuk ke pasar karena
butuh sumber daya yang besar
- Perubahan harga akan diikuti
perusahaan lain
BAB III
PENUTUP
a. Kesimpulan
Dari berbagai pembahasan diatas
dapat kita simpulkan bahwa pasar oligopoli itu adalah suatu pasar dimana bentuk
persaingan pasar yang didominasi oleh beberapa produsen atau penjual dalam satu
wilayah area yang memiliki karakteristik tersendiri.
b. Saran dan kritik
Kami hanyalah manusia biasa yang
tidak luput dari kesalahan mungkin dalam pembahasan diatas terdapat kekurangan
atau tidak sesuai dengan temanya maka dari itu kami selaku tim penyusun makalah
ini sangat mengharapkan kritik dan saran dari teman- teman ataupun pembaca
makalah ini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar